Apa Saja Isi dari Seserahan Lamaran?

Seserahan merupakan salah satu hal penting yang ada di prosesi Lamaran. Sebagai orang Jawa, saat lamaran aku juga mendapat seserahan sebagai salah satu tradisi penting. Sebenarnya, seserahan bukanlah hal yang wajib saat seserahan. Ada beberapa orang yang menggunakan cara Islami saat prosesi lamaran hingga menikah dan sama sekali tidak menggunakan seserahan dalam tradisi.

Seserahan sendiri sebenarnya adalah tradisi dimana pihak pengantin lelaki memberikan hadiah kepada pihak pengantin perempuan atau calon istri. Dalam tradisi Jawa, seserahan biasa disebut peningset dan berisikan produk atau barang yang digunakan oleh calon istri. Produk atau barangnya pun harus berhubungan dengan calon istri seperti produk untuk rambut hingga makeup.

Aku pribadi tidak terlalu repot memikirkan seserahan. Karena, well bisa dibilang aku kurang setuju dengan tradisi ini. Hehehe. Menurutku, tradisi ini memberatkan pihak laki-laki. Apalagi aku pengennya nikah yang sederhana ajah. Tapi untuk menghormati orang tua yang ngotot aku mengikuti tradisi, jadinya ya aku nurut aja deh. :p

Alhasil, saat memilih seserahan, aku memilih yang apa adanya aja. Nggak mau yang terlalu wow. Karena jujur, sampai sekarang 1 bulan setelah lamaran, beberapa produk bahkan masih belum terpakai. Sayang kan jadinya. πŸ™

Lalu, apa aja sih isi seserahanku kemarin? Intip yuk. Aku kasih beberapa tips juga agar kalian tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk seserahan. Simak ya. πŸ™‚

1. Set Peralatan Mandi dan Perawatan Tubuh serta Rambut

Menurutku set ini lah yang menghabiskan biaya paling banyak. Karena perawatan mandi dan rambut itu banyak sis. Hahaha. Ada sabun, scrub, lulur, nett, dan masih banyak perawatan lain. Daripada malas beli satu persatu, akhirnya aku pilih set christmas box dari The Body Shop.

Isinya banyak dan harganya jauh lebih terjangkau dari beli satuan. Untuk 1 box ini aku cukup menghabiskan sekitar IDR 300.000. Beruntung aku beli saat bulan Desember. Jadi The Body Shop sedang ada promo christmas box. πŸ˜€

Aku juga membeli handuk untuk dimasukkan ke dalam set perlengkapan mandi. πŸ˜€

2. Set Perawatan Rambut

Untuk yang satu ini, aku tidak repot-repot. Karena rambutku juga masih labil pilih-pilih perawatan rambut. πŸ˜€

Akhirnya aku pilih set dari The Body Shop juga. πŸ˜€

Set ini juga aku beli dari set promo natal di The Body Shop. Untuk satu set ini harganya kurang lebih IDR 100.000. Awalnya aku tidak ingin membeli perawatan rambut. Karena seperti yang aku bilang, rambutku labil. Dan setelah lamaran pun, produk ini juga baru aku pakai sekali. :/

3. Set Perawatan Tubuh dan Makeup

Yayyy Makeup! My Favorit part!

Sebenarnya kalau mengikuti keinginanku, beli set makeup aja udah berjuta-juta. tapi ya balik lagi, koleksi makeup udah banyaaaak. Jadi ya pilih yang sekiranya pasti dipakai. Hehehe.

By the way, banyak banget aku lihat cewek pas lamaran salah pilih set makeup. Kebanyakan pilih makeup yang abal-abal. Huuu. Ladies, jangan sampe salah pilih yah. Mending kalian beli makeup lokal yang murah-murah daripada pilih yang abal-abal.

Untuk makeup, aku pilih yang pasti bakal kepake. Yaitu Maybelline. Beruntung banget saat sedang belanja, ternyata Maybelline sedang diskon 40% all item selama 1 jam! Langsung deh aku ambil sebagian besar keperluan set makeupku. Hahaha.

Sebagian besar set makeupku adalah Maybelline. Untuk perawatan tubuh seperti Lotion dan parfum aku pilih The Body Shop karena lagi ada promo. Hahaha.

Beberapa produk lain bukan Maybelline juga sih. Misalnya untuk eyeshadow aku pilih dari Sleek, lipstick dari NYX, dan alis dari Colourpop. Cukup terbantu dengan promo Maybelline. Dari yang seharusnya habis sekitar hampir IDR 2.000.000 aku cuma habis IDR 800.000 Hahaha.

4. Set Perlengkapan Shalat

Set ini terdiri dari perlengkapan shalat. Tapi disini aku hanya memilih mukena, sajadah, dan tasbih digital.

Aku nggak menambahkan Al Quran di set ini karena aku sudah punya Al Quran sendiri di rumah. Daripada sayang nggak ada yang baca kan mending pakai yang sudah ada. Lagi pula, Al Quran tuh nggak main-main loh. Kalau ditelantarkan dan nggak dibaca nanti bisa dosa. πŸ™

5. Set Pakaian Dalam

Ini juga favorit aku.Β Your lingerie is your real identity.

Hahaha kesannya konyol motto itu, tapi aku memang suka berbelanja lingerie dan pakaian dalam. Kali ini aku membeli di lolalo. Dulu ada website nya. Sekarang sudah tutup. Padahal disana murah banget loh!

Set Lingerie dan Pakaian yang ada di Lolalo sangat terjangkau. Tapi kualitasnya tetap bagus loh. Jangan salah. Ini bukan endorse yah. Hahaha. Kalian masih bisa berbelanja di instagram LolaloLingerie kok. πŸ™‚

Ada banyak pilihan lingerie dan pakaian dalam yang disediakan Lolalo. Modelnya lucu-lucu. Mereka free ongkir juga loh. :))

6. Set Aksesoris Tambahan

Untuk yang satu ini nggak wajib sih sebenarnya. Soalnya beberapa pasangan, ada yang mengganti set ini dengan sprei atau bed cover. Tapi di hari lamaranku kemarin, aku pilih set ini berisi Tas, Jam tangan, sandal, dan dompet. Karena yang aku perlu ya barang-barang itu sih. Hehehe.

Semuanya aku beli dari Zalora. Waktu itu lagi promo harbolnas dan harganya jadi murah dongs. πŸ˜€
Buat yang mau lamaran, memanfaatkan moment diskonan bisa jadi pilihan loh.

7. Set Pakaian dan Kerudung

Kalau untuk set ini, aku nggak mau ribet juga sih. Aku pilih set dress dan gamis lengkap jadi satu. Beberapa pasangan ada yang membagi 2 yaitu set pakaian casual dan set pakaian pesta. Kalau aku sih, karena anaknya rajin banget di rumah jadi pilih yang biasa aja deh.

Dan sampai sekarang set pakaian ini belum aku sentuh sama sekali. Huuu sayang banget. Ini belinya di Indah Bordir Sidoarjo. Kalau kalian berasal dari Surabaya atau Sidoarjo, aku sangat merekomendasikan untuk membeli perlengkapan disini. Harganya cukup terjangkau dan kualitasnya tidak meragukan. Tidak hanya gamis, kalian juga bisa mendapat kain kebaya disini. Bahkan Ibu Iriana Jokowi pernah mampir ke tempat ini loh. πŸ™‚

8. Set Cincin

Ini yang bikin perdebatan 7 hari 7 malam sama orang tua hahaha. Awalnya aku kan emang kurang setuju sama tukar cincin atau apalah. Karena memang dalam Islam tidak ada aturan seperti itu. Tapi ya apa daya, kata orang tua set seserahan harus ada set perhiasan. Makin puyeng lah aku. Mana ini persiapannya cuma 1 bulan. Dikira beli set perhiasan kaya beli wafer yak. πŸ˜€

Akhirnya setelah diskusi sama orang tua, diputuskan deh kalau set perhiasan diganti cincin 1 ajah. Buat aku. Aku nggak mau pakai tukar cincin segala.

Nah itu semua set seserahan di hari lamaranku kemarin. Kalau menurutku ini simple banget loh. Tapi sayangnya, cuma 40% dari barang-barang seserahan itu yang beneran kepake. Hehehe.

Untuk teman-teman yang mau lamaran, pertimbangkan dengan benar-benar apa saja isi perlengkapan lamaran kalian. Pastikan juga kalian tentukan tema hiasan lamaran. Karena kalau nggak direncanakan sejak awal, nanti pasti bingung dan ribetnya minta ampun pas lamaran. Wqwq.

Demikian Inspirasi seserahan kali ini. Semoga kalian yang ingin melaksanakan lamaran ada gambaran untuk seserahan ya. Ohya, Untuk tradisi Jawa, ternyata seserahan bisa dilaksanakan di 2 pilihan loh. Pertama saat lamaran, atau kedua saat akad nikah. Kalian bisa memilih salah satunya.

Good luck!

12 thoughts on “Apa Saja Isi dari Seserahan Lamaran?

  1. Hai mbak aku juga lagi pusing siapkan pernikahan. sampai dibuat excel nya huhu.. iya setuju sih sama kamu..kita tuh mau nya simple tapi lain cerita nya kalau ud berurusan dgn ortu bisa tarik urat.. Kasihan memberatkan krna calon kita juga ud keluar uang banyak sih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *