Balas Pukul atau Boleh Pukul?

Kayanya semua Ibu di dunia ini pasti akan kesel hatinya kalau anaknya dipukul sama orang lain. Jangankan sama orang lain, sama anak seumurannya aja kesel kan. Padahal yah masih kecil juga. Kalau buat seumurannya G Kecil sih palingan kalau ada yang pukul itu belum tentu dia ngerti kalau itu salah. Taunya ya asal jeplakin tangan aja wkwk.

Yah anak 1 tahun ya gitu kan. So far konflik terbesarnya G Kecil adalah rebutan mainan sama kucing. Iya kucing. Karena kita punya kitten di rumah yang mainannya juga nggak jauh beda sama G kecil. Kejar bola, main bubbles, dan mainan pom-pom. Nggak jarang deh mereka rebutan.

Tapi bukan berarti kita sebagai orang tua nggak menjelaskan seputar pukul memukul ini. Tentunya kita punya batasan.

Well aku belum memutuskan dengan pasti sih. Tapi yang jelas adalah:

  1. Tidak boleh pukul duluan.
  2. Tidak boleh pukul barang.

Intinya kalau sedang kesal, tidak boleh diluapkan dengan memukul.

Kebetulan banget beberapa hari yang lalu, Nyinya ngebahas soal pukul memukul ini di IGS. Jadi bahan diskusi deh sama aku dan Kak Ela. Seperti biasa, kita beda pendapat soal hal ini. Aku tim yang setuju buat balas pukul hanya ketika G kecil dipukul duluan. Sementara kak ela punya pendapat lain soal hal ini.

Alasan kenapa aku mengijinkan membalas pukul hanya ketika dia dipukul duluan adalah aku ingin G kecil bisa membela diri. Sejujurnya ini ada hubungan dengan inner child aku sih. Waktu kecil aku nggak bisa membela diri jadi kesel aja gitu hahaha. Makanya ga mau deh kalau G kecil sampai nggak bisa membela diri. Dunia ini keras kawan hehe.

Tentunya izin boleh pukul ini juga dibarengi dengan panduan lainnya. Misalnya seperti regulasi emosi. Tanya ke anak apakah dengan balas memukul rasa kesal dan sedihnya bisa hilang. Jelaskan juga apa konsekuensi kalau balas memukul.

Untuk saat ini, izin boleh balas pukul ini masih sebatas abstrak. Soalnya kan G kecil belum menghadapi konflik ini secara nyata juga. Dan banyak hal yang perlu dipertimbangkan juga seperti tempramen sang anak dan kondisi lainnya.

Pilihanku ini pastinya akan berubah juga nanti kalau dihadapkan di battlefield yang nyata. Tapi untuk saat ini, boleh balas pukul kok.

Kalau kamu bagaimana? Boleh Pukul atau Balas Pukul aja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *