DIY Dekorasi Lamaran

28 Januari 2017

Hari lamaran yang sudah ditunggu akhirnya datang. Sebelumnya aku cukup santai sih, tapi akhirnya rempong juga. Pada hari Lamaranku, aku ingin membuat DIY Dekorasi Lamaran sendiri. Sebelumnya aku sudah research banyak sekali dekorasi lamaran dan pesta. Kebanyakan menggunakan paper flower. Karena aku anaknya luar biasa dan nggak suka yang biasa (bleh) jadi ya aku bikin yang agak beda. Hasilnya seperti ini: #tadaaa

Nah buat kalian calon Istri yang sedang menyiapkan lamaran, kalian bisa kok membuat dekorasi lamaran sendiri. Tanpa harus habis banyak uang. 🙂

Simak yuk langkahnya!

DIY Dekorasi Lamaran

DIY atau Do it Yourself memang nggak bisa kalau harus ngikutin total dari awal sampai akhir langkahnya. DIY adalah campuran dari 40% ide dan 60% kreatifitas. Nah disini aku akan memudahkan kalian membuat dekorasi Lamaran langkah demi langkah.

Yang perlu diperhatikan adalah kalian tahu kondisi rumah kalian, sumber pencahayaan yang paling terang, dan tentukan konsep warna lamaran kalian. Rumahku memang nggak terlalu besar, tapi aku tahu mana yang harus dihias. Beruntungnya lagi, ruang tamu rumahku memiliki jendela yang cukup besar sehingga aku tahu mana spot yang bagus untuk di dekor. Contohnya foto di atas, aku menghadap jendela ruang tamu, jadi hasilnya sangat cerah. 😀

Akan lebih mudah lagi kalau kalian menentukan warna dekorasi. Lamaran kemarin aku memilih warna biru untuk pakaian dan dekorasiku. Dengan memilih warna, kalian jadi lebih mudah menentukan konsep dan dekorasi.

Alat dan Bahan yang Harus Disiapkan:

  1. Kertas Manila. Pilih warna sesuai konsep kamu dan kalau bisa pilih kertas manila yang tipis agar mudah melipatnya.
  2. Gunting atau cutter. Tergantung kalian lebih nyaman pakai yang mana sih. Ini dipakai untuk memotong kertas manila nantinya.
  3. Lem kertas.
  4. Glue gun.
  5. Kardus.
  6. Pensil dan Penggaris.

Langkah – langkah:

Pertama

Buat layout dekorasi. Coba aja kamu gambar persegi panjang dan anggap itu tembokmu. Kemudian mulai deh gambar dekorasi seperti apa yang kamu inginkan.

Hint: Coba pakai pensil warna. Kamu jadi bisa membayangkan dekorasinya secara nyata. 😀

Kedua

Siapkan kertas manila, penggaris dan pensil. Tandai kertas manila setiap 3 cm. Ini digunakan untuk menandai lipatan agar rapi dan tidak berantakan.

Hint: Tidak harus 3 cm. Kamu bisa memilih ukuran yang sesuai. Kalau menurutku, ukuran ideal adalah 3-5 cm. Ini sudah ketebalan yang ideal untuk dekorasi di rumah. 🙂

Ketiga

Jika diperlukan, tandai dengan memberi garis. Ini akan sangat membantu kalau kalian belum terbiasa membuat dekorasi seperti ini. Saat melipat kalian tinggal mengikuti garis yang telah dibuat. Jadi nggak akan miring. Soalnya, meskipun sudah terbiasa sekalipun, melipat kertas seperti ini tetap saja bisa miring.

Keempat

Mulai melipat seperti kipas. 😀

Lipat bolak balik mengikuti garis biar rapi ya. Masih ingat kan teknik melipat seperti ini? Hayo.. ini teknik melipat yang diajarkan waktu TK loh. 😀

Hint: Pastikan lipatan licin. Kalau nggak licin sama sekali, nanti saat ditempel di tembok nggak akan kelihatan seperti kipas. Huu.. 🙁

Kelima

Lipat menjadi 2 dan lem bagian dalam lipatan terakhir dengan lem kertas hingga membentk seperti kipas. Jangan lupa, bagian bawah juga harus di lem dengan glue gun. Area bagian bawah rawan lepas soalnya.

Hint: Awas panas ya Glue Gun nya. Terus kalau nge lem di area tengah aja. Jangan sampai melebar ke yang lain. Kalo melebar terlalu jauh sampai ke samping nanti nggak bisa mekar kaya kipas. 😀

Keenam

Tadaaaa!!! Akhirnya jadi deh kipasnya. 😀

Untuk membuat 1 full lingkaran kipas besar, aku membutuhkan 2 kertas manila ukuran 60 x 40 cm. Jadi membuat kipas seperti di atas sebanyak 2 buah. Kemudian Aku gabung dengan menempelkan akhir ujung lipatan.

Hint: Bagian yang sebelumnya sudah di lem pakai lem kertas, lem lagi menggunakan glue gun agar lebih kuat.

Ketujuh

Potong kardus menjadi bagian seukuran setengah telapak tangan. Kemudian tempelkan di bagian belakang kipas dengan menggunakan glue gun. Kardus ini lah yang nanti akan ditempelkan ke tembok. Tambahkan glue gun di bagian belakang kardus lalu tempelkan ke tembok. 🙂

Hint: Kalau tembok kalian dilapisi keramik atau walpaper, glue gun akan menempel dengan rekat. Tapi glue gun juga bisa merusak tembok. Kalau kalian nggak ingin tembok rusak, kalian bisa pakai double tape. Tapi pasangnya harus banyak ya. Soalnya double tap kurang rekat di tembok atau keramik.

Pro Tips!

Jangan hanya mencoba 1 gaya saja. Cobalah berkreasi. Contohnya seperti ini:

Caranya masih sama dengan langkah yang aku tulis di atas. Cukup gunting melengkung pinggiran kipas agar lebih berbentuk. Untuk bagian yang abu-abu, pilih kertas berwarna abu-abu dengan ukuran yang lebih pendek. Lalu lakukan langkah yang sama seperti yang aku tulis di atas. 😀

Hasilnya akan seperti ini…

Tembok utama yang dipakai background foto

Kalau kalian punya starry light alias lampu-lampu ala tumblr akan lebih bagus lagi. Ohya, kalau kalian ingin menambahkan bunga, tambahkan bunga sedap malam. Bunga ini harum dan cocok untuk dijadikan dekorasi pojok ruangan. Berbeda dengan mawar yang tampilannya memang cantik, Sedap Malam aromanya lebih semerbak dan ala ala pengantin. Hihihi.. 😀

Starry light and sedap malam to light up your special day. 🙂
Dekorasi Tembok 2 yang digunakan untuk meletakkan seserahan
Detail dekorasi tembok 2

Aku mendekorasi 3 tembok disini. Tembok utama, Tembok 2, dan Tembok 3 yang fotonya tidak aku ambil karena dekorasinya tertutup pintu. Hehehe…

Kalian bisa mendekorasi tembok manapun sesuka kalian. Asal jangan terlalu ramai ya. Nanti malah kelihatan jelek. Agar lebih caaantik, aku menggantung foto-foto dengan benang.

 

Foto kiriman Girly 💋 (@girlysaputri) pada

Foto-foto itu aku cetak di Pictalogi, kalau kalian ingin tahu gimana cara cetaknya, kalian bisa cek disini. 😀

Sekian tutorial dari Istri Caaantik. Satu pesan aku, kalian harus bisa kreatif. Dengan DIY ini aku merogoh kantung cuma sebesar IDR 200.000. Yang mahal di glue gun nya. Kalau kertas manila sih cuma IDR 1.500 🙂

Semoga tutorial ini membantu kalian yang ingin punya dekorasi cantik saat lamaran ya. xoxo.

 

Salam Caaantik.

5 thoughts on “DIY Dekorasi Lamaran

  1. Duh akhirnya dapet pencerahan juga.. Lgi cari” diy backdrop lamaran yang enak dilah dan dibkantong.. Nemu ini tuh rasanya … Makasih ya girly..
    Btw itu kertas yang abu” sama biru muda itu nama nya kertas apa ya?

    1. Itu kertaskado biasa kok. Aku nggak pilih kertas khusus. Pokoknya pilih kertas yang warnanya lucu dan gampang dilipat. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *