DIY Membuat Desain Header Blog di Canva

Belakangan ini, blogger menjadi salah satu profesi penting bagi orang-orang yang lebih suka menghabiskan waktu di rumah. Seperti ibu rumah tangga atau bahkan anak sekolah. Nge blog memang selalu jadi favorit untuk setiap kalangan. Selain jadwal yang flexible, ngeblog juga bisa menambah penghasilan.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat blog adalah, header dari blog. Header sama seperti ruang tamu saat memasuki rumah. Kesan nyaman atau tidaknya rumah akan dirasakan ketika merasakan ruang tamu. Maka dari itu, desain header penting untuk blog.

Untuk kamu yang masih bingung memilih desain header blog, kamu bisa membuat desain header blog sendiri dengan menggunakan Canva. Ikuti tutorialnya yuk. 🙂

DIY Membuat Desain Header Blog di Canva

Pastikan kamu telah memiliki blog.

1. Ketahui Dimensi Desain

Sebelum membuat desain, kamu harus tahu dimensi desain yang akan kamu buat. Dimensi atau ukuran bisa dilihat di blog mu. Caranya, buka dashboard blog mu, lalu klik Appearance > Customize > Header Image.

Kemudian akan muncul dimensi gambar yang diperlukan seperti gambar berikut:

Ukuran tersebut berbeda-beda mengikuti tiap tema yang kamu gunakan. Jadi pastikan kamu tentukan tema yang sesuai terlebih dahulu, baru menentukan desain header blog.

2. Mulai di Canva

Selanjutnya buka Canva.com dan disini kamu bisa mulai desain header blog. Setelah membuka Canva, kalian pilih Gunakan Dimensi khusus. Lalu masukkan ukuran yang tertulis di poin nomor 1. Jangan lupa, ukurannya harus bersatuan pixel atau piksel dalam Bahasa Indonesia yaa.

Setelah klik Desain, kamu akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Canva memiliki banyak fitur. Di sebelah kiri, kalian bisa melihat fitur seperti Layout, Elemen, Teks, Latar Belakang, Bahkan Unggahan.

Layout digunakan jika kalian ingin menggabungkan beberapa gambar, Elemen digunakan jika kalian ingin menambahkan bingkai, ilustrasi, gambar, garis, bentuk, dll. Teks digunakan untuk menambahkan teks dengan layout dan font yang cukup menarik. Latar belakang digunakan agar kalian bisa menentukan latar belakang untuk desain kalian. Lalu Unggahan jika kalian ingin mengupload gambar kalian sendiri.

3. Mulai Desain!

Untuk tahap ini, akan dibutuhkan kreativitas dari kalian. Desain header blog mu sesuai seperti yang kamu inginkan. Sebagai contoh adalah gambar berikut ini:

  • Menambahkan warna abu-abu untuk background
  • Menambahkan Teks

    kamu bisa memilih berbagai macam jenis teks yang tersedia. Bisa juga mengganti warna dan tingkat traqnsparasi agar sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Tambahkan gambar
    Kamu bisa memilih gambar yang tersedia di fitur elemen atau mengunggah gambarmu sendiri. Disini aku menggunakan gambar yang aku temukan di google. Kalau kalian ingin menggunakan gambar sendiri, usahakan format dari gambar tersebut adalah .PNG

    Upload gambar di Canva kemudian Masukkan ke desainmu seperti berikut:
    Lalu drag and drop gambar yang telah selesai diupload ke desain header mu. Atur sesuai seperti yang kamu suka. Kira-kira, hasil editanku seperti ini:

    Kalian bisa sesuaikan dengan desain blog yang kalian sukai.

Setelah selesai desain, unduh gambar dalam format PNG lalu upload gambar di dashboard blog kalian. Klik save dan semua sudah beres!

Mudah sekali kan. Desain header blog yang bagus akan membantu tampilan blog kalian menjadi lebih menarik. Selamat mencoba!

 

 

One thought on “DIY Membuat Desain Header Blog di Canva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *