Tahap-Tahap Persiapan Pernikahan

Halo semua, aku mau share tahap-tahap persiapan pernikahan. Tahap-tahap yang aku maksud disini adalah persiapan ‘perintilan’ pernikahan seperti pemesanan vendor dan hal-hal kecil yang harus didahulukan.

Karena persiapan pernikahan itu hectic dan riweh, jadi tips ku ini bisa dilakukan secara bertahap. Yang mau menikah, merapat yuk. πŸ˜€

Tahap-Tahap Persiapan Pernikahan

Tahap persiapan pernikahan yang aku tulis di bawah merupakan hal-hal yang aku lakukan menjelang pernikahanku bulan Juli kemarin. Semoga tahap yang aku lakukan bisa kalian tiru yaa.

1. Pastikan Kamu Sudah Dapat Restu dari Orang Tua

Ini yang paling penting. πŸ˜€

Kan nggak mungkin yaa kawin lari. Wqwq…

Intinya, restu itu penting. Paling enggak sudah dilamar, baik lewat orang tua maupun personal. Tapi kalau bisa ngelamarnya lewat orang tua. Biar afdol sekalian minta restu kan. Kalau di adat Jawa, lamaran biasanya dilaksanakan dengan memberikan seserahan dan kurang lebih 6 bulan sebelum hari H. Untuk kalian yang mencari inspirasi dekorasi lamaran, bisa cek disini ya.

Kalau tahap ini sudah dilaksanakan dan dapat lampu hijau dari kedua orang tua, kalian bisa bernafas lega. πŸ˜€

2. Mendaftar di KUA Setempat

Yah, apalah arti nikah kalo nggak foto sama buku nikah. wqwq.

Mendaftar di KUA sebenarnya tidak seribet yang dibayangkan. Kecuali emang kalau petugas KUA nya yang malas ya. Pasti ribet. Untungnya, ayahku cukup kenal baik dengan petugas KUA setempat. Jadi tidak perlu ribet dan mbulet.

Untuk persyaratan KUA, hampir semuanya sama. Yaitu KK, Ijazah, Surat Rekomendasi jika salah satu mempelai berbeda kecamatan, akta kelahiran, dan pas photo. Khusus untuk KUA di daerahku, wajib menyertakan hasil tes kesehatan dan bukti telah vaksin TT atau Tetanus. Ini salah satu program di kecamatanku agar tidak menularkan atau terjangkit penyakit tetanus saat menikah dan punya anak.

Menjelang hari H nanti akan ada rapak atau pencocokan identitas. Disini biasanya pihak KUA yang mendatangi rumah calon pengantin atau pihak pengantin yang datang ke KUA. Rapak ini akan dicocokkan data-data calon pengantin serta mahar. Kemudian diberi wejangan sedikit soal pernikahan. Hehe.

3. Tentukan Konsep Pernikahanmu

Menentukan konsep pernikahan adalah hal yang akan menjadi dasar di setiap persiapan pernikahan kedepannya. Kalian bisa memilih konsep rustic adat Jawa seperti pernikahanku kemarin, atau konsep floral garden yang lagi nge hits sekarang, atau konsep total Jawa.

Biasanya calon pengantin akan mencari beberapa inspirasi dari pinterest atau instagram. Saranku sih, yang sesuai realita ya gaes.

Contohnya, kalian ingin pernikahan ala ala pinterest yang penuh bunga dan di gunung. Kalau kalian bisa menemukan lokasi yang pas, ya silahkan. Kalau ternyata tidak ya nggak apa-apa kan.

Pilihan lokasi juga mempengaruhi. Kalian ingin di gedung atau di rumah. Ingin outdoor atau indoor. Atau ingin konsep pernikahan seperti sahabat Taylor Swift, yang meminta para undangan tidak membawa smartphone selama prosesi acara agar lebih khidmat dan “live at the moment” juga nggak apa-apa. πŸ˜€

Selain konsep, kalian juga memperkirakan berapa jumlah tamu dan berapa jumlah undangan yang dicetak, serta pukul berapa acara akan dilaksanakan.

Tentukan konsep, sesuai budget. Ini akan mempermudah tahap selankutnya.

4. Memilih Vendor yang Tepat.

Mulailah survey-survey vendor. Untuk persiapan pernikahanku kemarin, aku membutuhkan waktu 6 bulan. Ini tanpa booking gedung. Kalau kalian perlu booking gedung, mungkin perlu 1 tahun sebelumnya untuk booking karena gedung biasanya sudah full book menjelang bulan yang ramai pernikahan.

Saranku, pilihlah vendor yang sesuai dengan konsep kalian. Misalnya saja untuk penggemar konsep full bunga, kalian bisa memilih Mitra Flower dari Surabaya,

atau kalian bisa memilih konsep kontemporary penuh bunga dan cahaya:

Atau memilih tema rustic seperti:

Semua vendor dekorasi pasti memiliki keahlian masing-masing. Kalian tinggal memilih konsep pernikahan yang kalian inginkan.

Saranku, hati-hati memilih vendor dekorasi kalau kalian tidak ingin menyesal seperti ceritaku disini. πŸ™

Kalau kalian tidak ingin mengalami peristiwa di atas, kalian bisa memilih alternatif menggunakan Wedding Organizer atau WO. Atau untuk kalian yang sibuk, pilihan WO bisa menjadi alternatif.

Biasanya WO akan memberikan pilihan paket yang sesuai dengan budget serta konsep pernikahan kalian. Ini akan memudahkan meskipun akan ada tambahan biaya jasa WO. Kalau aku pribadi sih, kemarin aku pilih semuanya sendiri. Sementara jasa WO hanya aku sewa untuk arrange selama acara. Jadi habisnya tidak terlalu banyak. Hehehe.

5. A Little Touch.

Saatnya memilih aksesoris kecil kecil untuk pernikahanmu. Misalnya memilih sepatu. Kemarin aku dan suami memilih memakai sneakers dan flatshoes karena kita memang kurang suka yang terlalu formal dan aku tidak nyaman memakai heels.


Selanjutnya aku juga memilih beberapa hal kecil seperti kotak mahar dan kotak cincin.


Kotak mahar dan kotak cincin yang aku pilih dari instagram: kkum.i


Desain dari kkum.i sesuai dengan konsep pernikahanku yaitu rustic. Jadi aksesoris kecil-kecilan seperti ini pun juga mendukung konsep pernikahanku. πŸ™‚

6. Pamper Yourself!


Menjelang hari H aku mulai mempersiapkan diriku. Karena persiapan untuk yang lain sudah selesai, jadi yang perlu disiapkan adalah diriku sendiri. Hihihi.

1 minggu menjelang hari-H, aku mulai rajin scrubbing wajah dan menyiapkan skin care dadakan. Ini karena aku stress sehingga kulitku menjadi sangat kering dan kusam. Untungnya aku punya stock sheetmask dari Petitfee. Setelah memakai sheetmask ini kulitku jadi lebih glowing dan halus. Saat di makeup pun jadinya caaantik. πŸ˜€

7. Perbanyak Istirahat

Sumpah ya. Nikah itu capek.

Meskipun cuma 8 jam dan senyum senyum foto-foto aja. Tapi capek loh. Jadi kalau bisa kalian sudah mempersiapkan diri. Olahraga kecil-kecilan, perbanyak istirahat, dan sedia Counterpain. Hahaha.

Last but not least, prepare your best smile.

Yang paling melelahkan pas nikah adalah senyum kelihatan gigi. Pemilik wajah judes sepertiku nggak bisa kalau cuma senyum tanpa kelihatan gigi. HARUS BANGET KELIHATAN GIGI. Kalau nggak kelihatan gigi, jadinya kaya gini nih:

Demikian tips dariku. Semogamembantu kalian yang mau menikah yaaa. πŸ˜€

Let’s be friends!

Instagram:Β girlysaputri

Youtube:Β girlysaputri

twitter:Β girlysaputri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *