Tips Memilih Souvenir Pernikahan Cantik dengan Harga Murah

Souvenir pernikahan biasanya menjadi hal yang cukup rumit. Padahal kalau menurutku, souvenir pernikahan tuh dibilang penting juga enggak tapi dibilang nggak penting tuh tetep aja nggak bisa diabaikan. Istilahnya, souvenir pernikahan tuh cuma printilan biasa tapi selalu berkesan. Macam kulit ayam KFC gitu. Receh tapi nggak bisa dilewatin tiap makan. wqwq.

Ngobrolin soal souvenir pernikahan, ada baiknya para calon pasangan mundur sedikit satu langkah dan melihat tujuan dari memberikan souvenir kepada para tamu undangan.

Apakah kalian ingin souvenir pernikahan kalian mengingatkan para tamu kepada pengantin? Kalian bisa pilih barang yang menjadi ciri khas kalian. Misalkan saja pengantin suka dengan Doraemon, souvenir dengan motif Doraemon bisa menjadi pilihan.

Baca Juga: Jangan Lupa Cek Kesehatan Rahim Sebelum Menikah!

Apakah kalian ingin souvenir pernikahan terlihat estetik? Wah kalau ini sih bisa banyak pilihan. Memberikan souvenir marble tray atau wood tray agar dijadikan hiasan rumah juga bisa. Apalagi hal seperti ini kan lagi hits.

Marble Tray

Begitu juga jika pengantin lebih mementingkan efisiensi dari souvenir pernikahan itu sendiri. Apakah pengantin ingin memberikan souvenir yang bermanfaat dan bisa digunakan seterusnya oleh para tamu? Maka pengantin bisa memberikan mangkuk, vas bunga, atau mungkin dompet.

Menurutku mau apapun souvenirnya, yang penting sebagai pengantin mampu memyempitkan pemilihan souvenir berdasarkan 3 kategori di atas. Karena jujur deh, waktu pilih souvenir bisa melebar kemana-mana. Awalnya bilang dompet aja, eh lama-lama melebar ke succulent, sabun, sampe gantungan kunci. Jadi penting banget berkomunikasi dengan pasangan dan keluarga.

Buat list berdasarkan 3 kategori di atas. Jangan lupa masukkan budgetnya juga Nah kalau sekiranya ada yang nggak cocok, langsung coret dari list. Nggak perlu mempertimbangkan ulang lagi. Soalnya mempertimbangkan ulang tuh malah bikin puyeng dan ribet. LOL. Jadi harus konsisten dengan pilihan kalian.

Untuk Souvenir pernikahanku, aku memilih sesuatu yang memang berguna untuk para tamu undangan. Yaitu mangkuk kaca ukuran sedang. Kan lumayan buat makan Indomie rasa soto ditambah potongan cabe kalo lagi ujan kan yeee.

Baca Juga: Persiapan Kecil Calon Pengantin Sebelum Pernikahan.

Jadi selain berguna, harganya juga lebih bersahabat karena aku pesannya banyak. Selain itu, aku juga tidak perlu memikirkan soal packaging karena setiap mangkuk sudah memiliki kardus sendiri. Jadi tinggal mempercantik saja. 😀

Nah setelah kalian menentukan apa souvenir yang kalian mau. Tahap selanjutnya adalah packaging dari souvenir ini. Menurutku pribadi, packaging ini yang harus meninggalkan kesan. Ibaratnya, packaging itu penampilan dan pastilah dinilai dari penampilannya. Kalau penampilannya lucu, rapi, cantik kan pasti orang suka lihatnya. Kalau berantakan kan pastinya orang mikirnya jadi males gitu. Jadi penampilan juga harus dipikirkan se kreatif mungkin.

shawl yang dibentuk bunga

Sebenarnya tips untuk memilih packaging souvenir sendiri tergantung kepada kita. Hal yang paling utama adalah berpikir se kreatif mungkin. Tidak harus banyak fitur macam karnaval dan pasar malam loh ya. Kadang untuk packaging souvenir pernikahan, semakin simple semakin terlihat elegan. Nggak perlu terlalu ramai segala renda, rumbai-rumbai, bunga, pita, glitter, terompet, mercusuar juga dimasukin segala. LOL.

Ambil contoh beberapa packaging souvenir pernikahan yang sederhana seperti berikut:

souvenir lilin dan packaging sederhana
box sederhana dengan pita gold
Box plastik mika yang berisi kue berbentuk jas dan gaun.
hiasan meja unik dengan hiasan pita silver

Baca Juga: Nikah di Gedung atau Nikah di Rumah?

Yang penting adalah kreatifitas. Lagipula banyak kok jasa souvenir pernikahan yang menawarkan pilihan unik untuk klien. Tidak hanya sekedar template souvenir yang memang bentuknya sama seperti yang lain. Tapi tentu saja akan membutuhkan biaya tambahan untuk hal tersebut dan jatuhnya pasti lebih mahal.

Souvenir pernikahanku kemarin, aku sedikit memutar otak agar bisa menghemat biaya. Jadi aku membungkus dan menghias sendiri souvenirku. Dibantu dengan ayah dan mbak mbak di rumah, aku membungkus lebih dari 500 souvenir. wkwkwk. Tentu saja dicicil dari H-3 bulan.

Untuk packaging souvenirku, aku cukup membeli kertas pembungkus berwarna cokelat atau kertas samson tebal dan pita satin. Pita satin yang aku pilih juga berukuran 2 inchi yang merupakan ukuran pas untuk diikatkan ke souvenir. Kira-kira seperti ini:

Gambarnya nggak terlalu bagus karena diambil dengan HP. :/

Agar tidak terlalu garing, aku pun menambahkan kartu ucapan terima kasih di bagian ikatan pita. Kira-kira hasilnya seperti ini:

Oh God I wish I took these pictures with my camera. -_-

Salah satu alasan kenapa aku pilih kertas samson untuk pembungkus adalah warnanya cokelat. Selain itu dibandingkan kertas pembungkus lain, kertas samson lebih terjangkau dan mudah di dapat. Tapi pilih yang tebal ya, jangan yang tipis.

Selain itu, kalau nggak dikasih kertas pembungkus nanti kardus souvenirnya kelihatan kurang menarik. Awalnya sih aku ingin kardus dan pita saja. Eh ternyata saat dicoba membutuhkan kertas samson juga. Kurang lebih penampilannya sepeti ini jika tanpa kertas samson:

Baca Juga: DIY Dekorasi Lamaran.

Lumayan sih, tapi pinggirannya nggak rapi kan. Jadi harus ditutupi.

Sempat kepikiran beli kertas kado yang motifnya seperti koran Inggris jaman jadul, tapi kok ya mahal banget. LOL. Akhirnya kertas samson pun menjadi solusi. Untuk 1 buah souvenir, kira-kira aku menghabiskan sekitar 4000 hingga 5000 rupiah jika dihitung satuan. Tapi kalau dihitung total dengan seluruh mangkuk kaca, kertas samson, pita, serta tag souvenir ucapan terima kasih, kira-kira totalnya dibawah 8 juta. 🙂

See, tinggal kreatifitas dan rajinnya kita ngerjain ajah. Kalau nggak bisa ngerjain sendiri ya minta bantuan teman, sahabat, atau keluarga untuk meghemat budget. Tapi perlu diingat, kalian harus rajin dan melakukan sedikit demi sedikit. Pokoknya diicil dari jauh-jauh hari kalau emang niat mau bikin souvenir sendiri. 🙂

Demikian tips dariku. Semoga pengalamanku cukup membantu kalian memilih Souvenir. 🙂

2 thoughts on “Tips Memilih Souvenir Pernikahan Cantik dengan Harga Murah

    1. Makasiiih Erny… Semoga membantu yaa tulisan recehku. Dan semoga acaramu lancar tanpa hambatan. Amiiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *